Menurunkan Berat Badan dengan Cara Sehat Saat Ramadhan

Menurunkan Berat Badan dengan Cara Sehat Saat Ramadhan

Posted on Posted in Kesehatan Ibu dan Anak

Berniat menurunkan badan saat Ramadhan? Bagi kebanyakan Mamak Hebring yang berpikir iya, mungkin menganggap bulan puasa adalah kesempatan tepat untuk diet.
Di awal hari pertama, niat menguruskan badan itu terasa kuat. Yakin bisa!
Menurunkan Berat Badan dengan Cara Sehat Saat Ramadhan
Eh tapi, ini kan sudah menginjak separuh bulan Ramadhan. Buat Mamak Hebring yang pernah rencana melangsingkan tubuhnya, bagaimana nih perkembangannya? Sudah sejalan dengan niat awal?
Nah lhoโ€ฆ buat yang malah kok jadi nggak turun-turun berat badannya, saya mau ajak para Mamak Hebring untuk koreksi kebiasaan nih selama Ramadhan. Mau kan?
Ini dia beberapa poin kebiasaan yang perlu diperhatikan selama bulan Ramadhan, terutama yang memang berniat untuk menurunkan berat badan.
1. Kebiasaan di Saat Sahur
Walaupun niatnya melangsingkan tubuh, jangan pernah melewatkan momen sahur ya. Karena apa yang Mamak Hebring konsumsi selama sahur itu penting untuk energi tubuh dalam melewati belasan jam puasa.
Agar sahur Mamak Hebring berkualitas, konsumsilah karbohidrat kaya serat. Bagusnya sih sebetulnya makan beras merah atau roti gandum. Tapi jika biasanya makan nasi putih juga nggak apa-apa kok. Yang penting, makanlah dalam jumlah yang kira-kira cukup membuat perut tidak kekenyangan.
Kalau mengikuti sunnah Rasul, makan secukupnya dan tidak berlebihan atau sampai terlalu kenyang.
Selain karbohidrat, konsumsi juga makanan yang cukup protein seperti telur, keju, atau kacang-kacangan.
Kurangin konsumsi makanan yang terlalu gurih atau asin. Soalnya bisa membuat Mamak Hebring jadi kehausan saat puasa.
Bagusnya lagi kalau Mamak Hebring mengkonsumsi yogurt saat sahur.

Minum yogurt saat sahur
Foto: dokumen pribadi

2. Kebiasaan Berolahraga
Meski sedang puasa, bukan berarti jadinya kebanyakan tidur lho ya. Jikalau bisa, berolahragalah.
Apalagi katanya mau menguruskan badan. Jadi, berolahragalah dengan gerakan-gerakan yang sekiranya bisa membuat kita mengoreksi bagian tubuh yang kelebihan lemak.
Kalau googling, ada banyak olahraga kok yang bisa membuat beberapa bagian tubuh menggelambir karena lemak, jadi berkurang. Jenis olahraganya juga bisa nggak terlalu membuat kita ngos-ngosan. Tapi efeknya besar buat tubuh.
Misalnya melakukan plank. Konon, melakukan olahraga ini hanya dalam beberapa detik tapi setiap hari, efeknya sangat terlihat di perut yang jadi lebih langsing.

Minum yogurt saat sahur
Foto: Shutterstock

Kalau kurang punya waktu berolahraga, Mamak Hebring bisa melakukan banyak jalan kaki atau bersepeda selama 15 sampai 45 menit. Caranya, kalau biasanya naik motor waktu belanja ke luar rumah, jika jaraknya nggak terlalu jauh, jalan kaki saja.
Mengerjakan pekerjaan domestik seperti bersih-bersih rumah atau mencuci manual juga bisa dihitung olahraga. Dengan porsi waktunya antara 15 sampai 45 menit.
3. Kebiasaan Saat Waktu Berbuka
Kalau menurut sunnah Rasul, berbuka yang bagus itu dengan ruthab atau kurma basah, atau jika tidak ada bisa dengan kurma kering. Jika tidak ada semua itu, bisa dengan air biasa.
Hati-hati ya Mamak Hebring, jangan konsumsi yang terlalu manis saat berbuka. Efeknya nggak bagus bagi kesehatan tubuh.
Apalagi kalau niatnya untuk menurunkan berat badan. Karena intinya jika ingin langsing setelah bulan Ramadhan itu adalah tidak mengkonsumsi makanan yang terlalu manis secara berlebihan.
Jika benar-benar memerhatikan berat badan, berbukalah dengan kurma tiga butir saja. Meski jumlahnya hanya sedikit, tapi kadar gulanya sudah memenuhi kebutuhan tubuh, lho!
Setelah salat maghrib, barulah mulai makan yang lain. Misalnya dengan sup yang banyak sayuran atau mengkonsumsi buah-buahan.
Makanan tersebut sudah lumayan untuk mengganjal perut kok. Selain itu, Mamak Hebring jadi tidak mengantuk saat melaksanakan tarawih.
Idealnya, makanlah satu atau dua jam setelah waktu berbuka. Pola konsumsinya mirip saat sahur. Makanlah makanan karbohidrat yang kaya serat, juga cukup sayuran dan lauk kaya protein.
Atas nama dietโ€ฆ plis deh kurangi atau tidak mengkonsumsi jajanan gorengan. Apalagi yang banyak mengandung minyak.
4. Kebiasaan Minum Air Mineral
Poin penting lain yang perlu diperhatikan adalah konsumsi air mineral. Selain menghindari dehidrasi, minum air mineral juga punya andil dalam usaha diet lho, Mamak Hebring.
Jumlah air mineral yang perlu Mamak Hebring konsumsi adalah sebanyak dua liter atau delapan gelas per hari.
Caranya, konsumsilah dua gelas saat sahur, dua gelas saat berbuka, dan empat gelas di antara waktu berbuka sampai sahur.
Jangan sampai kekurangan cairan tubuh saat puasa ya. Apalagi sampai minum tidak sampai satu liter sehari.
5. Kebiasaan Ngemil
Ngemil rasanya kerap jadi godaan ya. Apalagi pas puasa, niatnya ingin makan ini itu kalau nanti pas berbuka. Lalu saat sudah berbuka, bisa maruk makan apa saja demi memanjakan lidah.
Ini dia yang perlu diperhatikan. Kalau memang niatnya untuk menguruskan badan, cobalah menahan keinginan untuk makan ini itu.
Apalagi untuk makanan atau minuman yang serba manis. Enak sih di lidah. Tapi bahaya buat kesehatan apalagi yang ingin tubuhnya tetap slim.
Bisa-bisa habis Ramadhan, tubuh malah lebih melar dibandingkan saat sebelum puasa. Kan lucu!
Jika memang perut rasanya kok masih lapar padahal sudah makan, cobalah ngemil buah-buahan saja ya Mamak Hebring.

Gimana, sudah bisa mengoreksi kan kebiasaan mana saja yang sudah on the track dan mana yang masih kurang bagus?
Rata-rata kalau jawabannya masih kurang bagus, biasanya sih di urusan kebiasaan makan. Iya kanโ€ฆ
Seringnya mesti sudah habis-habisan niat menurunkan berat badan saat Ramadhan, tetap saja, rasanya susah buat membatasi urusan yang satu ini.
Sudah makan sih, tapi perut kok rasanya masih lapar. Lidah inginnya mencoba yang enak-enak.
Yuk yuk, sini saya kenalin sama makanan dan minuman yang bisa bikin perut kenyang dan lidah terpuaskan.
Namanya Heavenly Blush TummYogurt Bar untuk makanan camilannya dan TummYogurt Drink untuk minumannya.
Sebetulnya saya sendiri sih sudah mencoba yang Heavenly Blush TummYogurt Drink. Karena saya tinggal di Lamongan, saya bisa mendapatkan produk itu di Indomaret.

Heavenly Blush TummYogurt Drink
Foto: dokumen pribadi

Mamak Hebring juga bisa mendapatkan produk ini kok di Indomaret seluruh Indonesia dan di Carrefour, Papaya, All Fresh, Food Hall, serta Farmers Market.

Tempat Membeli TummYogurt Drink
Foto: https://heavenlyblush.kawaiibeautyjapan.com/

Buat saya, Heavenly Blush TummYogurt Drink ini punya beberapa kelebihan.
1. Pas saya baca di kemasan botolnya, Heavenly Blush TummYogurt Drink ini mengandung kaya serat atau high fiber dari buah dan sayur. Ini penting banget kalau buat saya yang sering sembelit terutama pas bulan puasa begini. Melancarkan pencernaan, perut saya jadinya enteng dan terasa slim karena nggak berisi sampah yang seharusnya dibuang.
2. Yogurtnya di lidah saya terasa kental dan segar. Pokoknya enak di lidah. Fresh yogurt deh! Kandungannya mix antara fruit and veggie yogurt. Ada tiga pilihan rasa Heavenly Blush TummYogurt Drink: mangga dan wortel, blueberry dan redbeet, raspberry dan broccoli.
3. Serat yang terkandung dalam Heavenly Blush TummYogurt Drink bisa bikin saya kenyang lebih lama dan bisa menahan lapar. Terutama kalau pas malam-malam sedang bikin tulisan.
4. Dan ini yang penting buat saya yang juga berniat mengurangi berat badan saat ramadhan. Heavenly Blush TummYogurt Drink itu rendah lemak atau low fat. Membantu diet saat ramadhan deh jadinya.
Sayang, saya masih belum mendapatkan Heavenly Blush TummYogurt Bar. Kalau kata teman-teman yang sudah pernah nyoba, camilan yang satu ini enak!

Heavenly Blush Tummy Yogurt Bar
Foto: https://heavenlyblush.kawaiibeautyjapan.com/

Nggak hanya itu, jajanan yang hi fiber yogurt bar ini juga bisa jadi alternatif snack yang sehat. Karena labelnya saja hi fiber, jadi Heavenly Blush TummYogurt Bar kaya serat sehingga dapat membantu memperlancar pencernaan. Otomatis, ngebantu banget buat urusan menurunkan berat badan.
Multigrains pada yogurt barnya meliputi Chia Seed, Pumkin Seed, Sunflower Seed, Black Sesame, dan White Sesame.
Tuh, melihat dari kandungannya, pantas saja kalau kata teman-teman snack ini bisa bikin kenyang lebih lama. Cocok buat orang kayak saya yang kalau Ramadhan begini ini, suka merasa lapar pas malam-malam.
Yah, mungkin kalau saya ke Surabaya, baru bisa kali ya cari Heavenly Blush TummYogurt Bar. Soalnya jajanan ini bisanya didapatkan di Starbucks Coffee, Food Hall, dan Farmers Market.

Tempat Membeli TummYogurt Bar
Foto: https://heavenlyblush.kawaiibeautyjapan.com/

Mumpung Ramadhan masih separuh bulan lagi, yuk kita tingkatkan kualitas. Ya kualitas ibadah, juga kualitas pola makan minum saat sahur dan berbuka.

12 thoughts on “Menurunkan Berat Badan dengan Cara Sehat Saat Ramadhan

  1. Hiksss godaaan banget mbaak habis tarawihh pasti akunyaa ngemill. . Pengenn carii ah yogurtnyaaa belum pernah cobaak soalnyaa. Semogaaa bsa membantu mengurangi godaan ngemil di malam hari. Aamiin. . Tfs mbaaaak good luck yaaak. . .

    1. Yang saya suka Heavenly Tummy Yogurt Drink ini nggak asem Mbak. Kadang soalnya sering saya coba yogurt ini itu tapi pas sekali srup, langsung ngejingkat badan karena asem di lidah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *